4heroe's Blog

25 Cara Menghilangkan Kecemasan (Anxiety) | May 26, 2010

25 Cara Menghilangkan Kecemasan (Anxiety) Author: The Dreamer | Posted at: 2:42 PM | Filed Under: Anxiety |

Kecemasan (Anxiety) adalah perasaan tidak nyaman yang biasanya berupa perasaan gelisah, takut, atau khawatir yang merupakan manifestasi dari factor psikologis dan fisiologis. Komponen-komponen yang terlibat saat seseorang merasa cemas adalah komponen kognitif, somatik, emosional, and behavioral. Kecemasan biasanya terjadi tanpa stimulus yang jelas, sehingga kecemasan harus dibedakan dengan rasa takut (fear), sebab takut muncul karena adanya ancaman yang jelas dari luar. Rasa takut berhubungan dengan tingkah laku spesifik untuk menghindar dan menjauh dari stimulus yang tidak menyenangkan. Sedangkan kecemasan merupakan akibat dari ancaman yang tidak jelas, tidak bisa dikontrol dan tidak bisa dihindari. Kecemasan merupakan reaksi yang normal terhadap stress yang berguna untuk membantu seseorang dalam menghadapi situasi yang sulit. Orang akan berusaha mencari solusi dan jalan keluar ketika dihadapkan pada masalah. Upaya tersebut lebih disebabkan karena keinginan orang yang bersangkutan untuk mereduksi perasaan tidak nyaman yang timbul akibat kecemasan yang dialaminya. Lain halnya jika kecemasan yang dialami seseorang terjadi secara berlebihan. Karena kecemasan yang berlebihan sudah masuk dalam kategori gangguan yang disebut dengan istilah gangguan kecemasan (anxiety disorder). Gejala
1. Latihan Pernafasan Tutup mata Anda dan pusatkan perhatian pada pernafasan, tarik nafas dengan pelan melalui hidung dengan pernafasan diafragma bukan pernafasan perut, tahan perut Anda supaya tidak mengembang arahkan udara yang masuk ke diafragma dengan menarik diafragma anda ke rongga dada ketika Anda bernafas. Kemudian keluarkan nafas Anda secara perlahan melalui mulut. Anda akan merasakan bahwa kecemasan anda sedikit demi sedikit akan ikut keluar bersama hembusan nafas yang anda keluarkan melalui mulut. Lakukan latihan pernafasan tersebut dalam waktu kurang lebih selama 6 detik untuk setiap rangkaian nafas yang Anda lakukan, 3 detik untuk menarik nafas melaui hidung 3 detik lagi untuk mengeluarkannya melalui mulut. Lakukan latihan pernafasan itu sebanyak 5-10 kali dan Anda akan merasa lebih rileks dan nyaman.
2. Minum Teh Hijau L-theanine merupakan asam amino yang ada pada teh yang berfungsi membuat seseorang menjadi lebih rileks. L-theanine juga berperan memodifikasi efek stimulasi caffeine yang terdapat pada teh sehingga efek caffeine yang ada pada teh tidak berpengaruh secara signifikan bagi orang yang meminumnya. Hal ini terjadi karena L-theanine merupakan lawan dari caffeine, artinya adalah bahwa L-theanine akan menetralisir efek caffeine yang ada pada teh. Sehingga orang yang minum teh akan lebih tenang dibandingkan orang yang minum kopi. Teh hijau mengandung lebih banyak theanine dibandingkan jenis teh yang lain.
3. Mendengarkan Musik Duduklah dengan santai kemudian putar lagu favorit Anda. Lagu kesukaan biasanya akan membuat anda merasa senang, perasaan senang ini akan menimbulkan efek tenang. Bila mungkin, putar lagu nostalgia yang akan mengingatkan Anda pada masa-masa dimana Anda merasa sedang bahagia. Hindari dan jangan memikirkan apapun apalagi memikirkan masalah kecuali menikmati music yang sedang Anda dengar. Ikuti lagu yang sedang Anda nikmati dengan mencoba ikut bernyanyi melafalkan syairnya, nikmati dan bersenang-senanglah!
4. Nonton Film Komedi Jalan cerita maupun adegan yang ditampilkan dalam film komedi biasanya dibuat sedemikan rupa agar orang tertawa. Walaupun mood kita sedang tidak baik, tapi kalau nonton film komedi biasanya kita akan terpancing untuk tertawa melihat adegan yang lucu dalam film tsb. Tertawa adalah aktivitas alamiah yang merupakan bagian dari diri kita. Tertawa bisa menyehatkan dan membuat pikiran dan perasaan kita senang. Biasanya kecemasan akan berkurang bila kita sering tertawa. Nonton film komedi merupakan cara yang baik untuk membuat kita tertawa.
5. Merendam Kaki Dengan Air Hangat Ambil sebuah baskom yang bisa dipakai untuk merendam dua kaki Anda. Isi baskom tersebut dengan air hangat, tambahkan garam ke dalam air tersebut bila perlu tambahkan pula bunga yang harum. Putar music kesukaan anda dan duduklah di kursi dengan nyaman dan rileks. Rasa hangat di kaki Karena air hangat yang merendam kaki anda akan membuat anda merasa nyaman. Otot-otot menjadi kendur dan peredaran darah menjadi lebih baik. Perasaan nyaman itu akan membuat pikiran anda menjadi lebih rilek dan tenang sehingga bisa membuat kecemasan anda berkurang.
6. Bersyukur Atas Semua Kebaikan Yang Anda Rasakan Sediakan waktu untuk merenungkan semua kebaikan yang pernah Anda rasakan, misalnya harta yang Anda punya, orang tua yang mencintai Anda, teman yang perhatian pada Anda, makanan enak yang Anda punya. Jika anda mensyukuri segala kebaikan yang telah anda rasakan maka kebaikan-kebaikan itu akan datang lagi menghampiri anda, baik dalam bentuk yang serupa maupun dalam bentuk yang lain yang bisa jadi berupa kebaikan yang anda inginkan.
7. Olah Raga Olah raga bisa mengurangi kecemasan yang sedang anda rasakan. Jenis olah raga yang anda pilih bisa bermacam-macam terserah anda, misalnya lari, bersepeda atau angkat beban. Olah raga tidak hanya bermanfaat secara fisik tetapi juga bermanfaat untuk membuang muatan-muatan negatif mental anda. Dengan berolah raga anda akan melawan pikiran-pikiran negatif anda dengan pikiran-pikiran positif, ingatan anda tentang masalah akan teralihkan oleh aktivitas olah raga yang sedang anda lakukan sehingga aktivitas itu akan membuang dan mengurangi beban-beban pikiran anda.
8. Menata Ulang Tempat Kondisi yang tidak nyaman, berantakan membuat perasaan kacau dan tidak nyaman. Dengan menata ulang rumah anda berarti anda secara esensial membersihkan ketidateraturan dan kekacauan dalam pikiran anda. Pertahankan dan jaga supaya rumah anda tetap bersih dan tertata rapi. Pakaian-pakaian, perabot dan alat-alat lain yang betul-betul sudah tidak dipakai sebaiknya dibuang saja Karena keberadaannya hanya menjadi sampah yang membuat rumah anda menjadi sempit dan sumpek. Bila memungkinkank bisa juga disumbangkan kepada orang yang membutuhkan.
9. Dipijat Dipijat membuat tubuh anda menjadi lebih nyaman karena pegal-pegal disekujur tubuh anda menjadi hilang. Selain itu dipijat bisa melancarkan sirkulasi darah di sekujur tubuh anda. Rasa nyaman yang anda rasakan akibat pijatan akan menimbulkan efek menenangkan pada pikiran anda. Selain disebabkan karena perasaan nyaman akibat ketegangan otot hilang, perasaan tenang dan rileks juga disebabkan karena efek pijatan pada titik-titik akupuntur tertentu pada tubuh anda.
10. Jalan-jalan Sama halnya dengan olah raga, beban pikiran anda akan terkurangi bila anda mencoba meluangkan waktu untuk jalan-jalan. Apalagi jika lingkungan di daerah tempat anda tinggal masih asri dan alami. Dengan melakukan jalan-jalan di sekitar tempat tinggal anda, focus pikiran anda akan teralihkan ke luar, bukan ke dalam diri yang hanya akan membuat anda terus teringat pada masalah. Focus pikiran anda akan teralihkan pada objek yang anda lihat, pada hijaunya dedaunan, rindangnya pepohonan, pada kicauan burung, langit yang teduh atau gemerisik angin yang meniup daun-daun. Anda akan menikmati semua itu sehingga biasanya hal itu akan membuat anda lebih nyaman, senang dan bahagia. Ketika anda jalan-jalan, pikirkan bahwa ritme kaki anda dalam melangkah seolah-olah merupakan langkah maju dalam kehidupan anda dari satu tahap ke tahap berikutnya. Akan lebih menenangkan jika anda memfokuskan pikiran anda pada nafas anda, konsentrasi pada setiap tarikan nafas, kemudian kosongkan pikiran negative anda sepanjang perjalanan anda.
11. Aromaterapi Wewangian tertentu akan mendorong respon relaksasi dari tubuh seseorang, cobalah rumah anda diberi wewangian yang anda sukai, misalnya dengan menyemprotkan pewangi ruangan atau meletakkan kamper pewangi ruangan di sudut ruangan tertentu, kemudian duduk dengan santai, nikmati harumnya farfum ruangan yang anda cium dan buang semua perasaan cemas anda.
12. Melakukan Kegiatan Amal Ketika anda menolong orang lain anda akan menghentikan focus pikiran yang tertuju pada diri anda. Focus pikiran yang tertuju pada diri anda sendiri yang membuat anda tidak lepas dan sulit melupakan masalah sehingga anda terus dibayangi rasa cemas dan stress. Menghentikan focus perhatian ke dalam diri dan mengalihkan focus perhatian ke luar diri merupakan bagian paling penting dalam menanggulangi kecemasan. Selain itu beramal akan membuat anda menjadi orang yang berharga dan bermanfaat yang akan meningkatkan rasa harga diri anda dan bisa membuat anda merasa puas.
13. Membaca Membaca merupakan bentuk lain dari meditasi. Dengan membaca anda akan meninggalkan pikiran-pikiran anda dan mengikuti jalan cerita yang ada di buku. Anda akan terbawa dengan jalan cerita dari buku yang anda baca dan meninggalkan tempat anda mengembara ke dunia luar melupakan dunia yang pada saat itu secara nyata ada di sekitar anda. Pada saat itu anda akan lupa pada masalah yang sedang anda hadapi.
14. Tuliskan Pikiran-Pikiran Anda Jika anda sedang merasakan kecemasan, tuliskan apa pun yang sedang anda pikirkan dan rasakan ke dalam sebuah buku diary. Seringkali terjadi menumpahkan semua perasaan anda ke kertas seolah-olah anda telah menumpahkan semua beban anda keluar. Jangan terpaku memikirkan pikiran negatif anda, tumpahkan semuanya pada buku diary di hadapan anda. Keluarkan semua unek-unek dan kesedihan dari pikiran anda. Setelah anda menuliskan semua pikiran anda ke dalam buku diary perasaan anda akan lebih lega, plong dan nyaman. Beban pikiran anda akan terkurangi sehingga kecemasan anda akan berkurang.
15. Curhat Ke Orang-Orang Yang Anda Percaya Kecemasan membuat kita merasa tidak nyaman, dada terasa sesak, pikiran tegang dan segalanya terasa sempit seolah-olah kita sedang menanggung beban yang sangat berat. Jika dibiarkan hal itu akan berdampak buruk pada kejiwaan anda. Cara terbaik adalah anda bongkar beban-beban jiwa anda dengan cara curhat pada orang-orang terdekat, terutama orang-orang yang anda percaya. Curhat merupakan kanalisasi dari tekanan psikis yang menghimpit anda. Sehingga biasanya setelah curhat anda akan merasa plong dan lega.
16. Mandi Air Hangat Air hangat yang mengaliri tubuh anda akan membuat otot-otot di sekujur tubuh anda mengendur. Guyuran air hangat yang menyapu semua celah tubuh anda secara psikis akan membuat anda menjadi lebih tenang. Bila mungkin sambil menyalakan lilin akan menciptakan suasana yang lebih damai dan tentram, mainkan music untuk memperkuat efek tsb. Pakailah sabun atau shampoo yang wanginya anda sukai agar efek menenangkan akan terasa lebih kuat.
17. Hindari Kopi Bagi sebagian orang hal ini merupakan sesuatu yang berat karena minum kopi sudah menjadi kebiasaan dan dirasakan bisa meningkatkan mood, tapi perlu anda ingat bahwa kopi merupakan stimulan. efek stimulasi caffeine pada system tubuh anda cukup untuk membuat anda mengalami kecemasan dan depresi.
18. Peregangan Tiap malam sebelum tidur, luangkan waktu 5 menit untuk melakukan peregangan. Ketika anda melakukan peregangan, anda mengurangi ketegangan pada punggung dan otot anda. Anda akan merasa lebih tenang dan lebih rileks. Ini merupakan cara yang bagus untuk mempersiapkan diri menuju tidur malam.
19. Makan Coklat Coklat mengandung phenylethylamine. Ketika kita mengkonsumsi coklat maka phenylethylamine akan terserap ke otak. Phenylethylamine ini disebut juga sebagai “chocolate amphetamine” karena menyebabkan perubahan tekanan darah dan kadar gula darah yang membuat seseorang merasa gembira dan siaga. Phenylethylamine bekerja seperti amphetamine yang bisa meningkatkan mood dan mengurangi depresi. Bahkan ada yang mengatakan bahwa coklat bisa membuat hati seseorang berbunga-bunga.
20. Senyum Tersenyumlah pada banyak kesempatan yang mungkin anda tersenyum dan selalu mengingat saat-saat ketika anda merasa gembira. Pikirkanlah kejadian-kejadian lucu, keluarga yang anda cintai. Tersenyum dan berpikir positif. Buang jauh-jauh pikiran negatif dari otak anda. Tersenyumlah pada semua orang karena senyum kita kepada orang lain hampir selalu membawa efek positif. Tidak ada seorang pun di dunia ini yang tidak suka diperlakukan ramah dan dilempar senyum. Ketika anda tersenyum kepada seseorang maka mereka pun akan tersenyum balik pada kita. Dengan tersenyum anda telah menebar cinta dan kedamaian. Cinta dan kedamaian itu akan anda terima dan rasakan pula dari orang lain. Dan anda akan menyadari ternyata dunia ini penuh dengan cinta dan kasih sayang, tidak seperti yang sebelumnya anda pikirkan. Anda akan merasakan bahwa anda adalah orang yang berarti.
21. Berdoa Hukum Attraction States mengatakan bahwa sesuatu yang kita alami dan rasakan merupakan hasil dari apa yang kita pikiran. Sehinga jika kita berpikir negatif maka hal negatif akan terjadi dalam hidup anda. Sebaliknya, ketika anda berpikir positif maka sesuatu yang positif akan menghampiri anda. Bedoa dan berserah diri pada Allah, yakin bahwa Allah akan memberikan kebaikan pada anda merupakan cara yang baik untuk mengendalikan pola-pola pikiran negatif anda dan dengan sendirinya akan menghilangkan kecemasan dalam pikiran anda. Ketika anda merasa sedang cemas maka berdoalah dan yakinlah bahwa Allah akan menolong anda
22. Mengkonsumsi Makanan Dan Minuman Kesukaan Makanan dan minuman kesukaan disini adalah makanan dan minuman yang sehat dan bukan makanan dan minuman yang bisa menimbulkan penyakit. Minuman keras dan makanan lain yang membahayakan justru harus anda hindari karena akan menambah masalah anda menjadi lebih berat. Konsumsilah makanan dan minuman kesukaan yang aman bagi kesehatan anda.
23. Dekat Air atau Menyentuh air Misalnya berenang, berada dekat kolam renang, jalan-jalan di pinggir pantai yang menjadi favorit anda atau melihat akuarium. Secara natural air memiliki efek menenangkan jiwa kita. Efek menenangkan ini sama seperti halnya kedamaian yang kita rasa ketika berada di dalam kandungan ibu

25. Bermain Dengan Benda Kesayangan Benda kesayangan bisa membuat anda nyaman. Benda kesayangan misalnya bisa berupa cincin kawin, kalung, baju kenangan, boneka dsb. Dengan melihat benda kesayangan biasanya kita akan teringat kenangan-kenangan indah dan bisa membuat anda tersenyum.


Posted in Uncategorized

Leave a Comment »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

About author

The author does not say much about himself

Search

Navigation

Categories:

Links:

Archives:

Feeds

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: